Wednesday 23 April 2014

Home » Langkah Awal Untuk Menjadi Seorang Programmer

Langkah Awal Untuk Menjadi Seorang Programmer

Langkah Awal Untuk Menjadi Seorang Programmer. Seorang Programmer itu dapat dikatakan orang yang paling banyak sabarnya. Kenapa ? Karena seorang programmer itu harus teliti dalam membuat sebuah programmnya. Apabila ada satu kesalahan sedikit pun, maka seorang programmer itu harus memeriksa kembali dari awal apa yang sudah disusunnya itu. Agar tak ada yang salah sedikitpun.

Namun bagi orang yang sudah terbiasa dengan yang namanya bahasa pemrograman, itu adalah hal yang menyenangkan dalam hidupnya membuat sebuah program tersebut. Jika ada kesalahan, itu merupakan suatu tantangan untukknya agar bisa melakukan review terhadap bahasa program yang dibuatnya.

*Maaf sebelumnya, artikel ini bukanlah langkah membuat program, akan tetapi langkah untuk bisa menjadi seorang programmer awal atau programmer beginner lah.

Seorang Programmer yang hebat bukanlah karena terlalu pintar dalam bahasa program. Bukan ! Seorang programmer yang hebat itu adalah seorang yang bisa menggunakan logikanya dalam bahasa program tersebut dan merupakan kesenangannya dalam membuat sebuah program tersebut. Jadi untuk menjadi seorang programmer yang hebat, minati terlebih dahulu yang namanya bahasa tersebut. Pelajari, tetapi tidak terlalu dalam, pelajari yang umum-umumnya saja. Dan nanti kita pasti akan disuruh untuk mengembangkannya. Nah sebelum saya memaparkan jenis dari pemrograman ini, terlebih saya menjelaskan untuk apa tujuan programmer ini.

1) Jika anda ingin menjadi seorang programmer yang ingin membuat sebuah game seperti CAPCOM dan yang lainnya, itu tidak masalah, akan tetapi dalam pembuatan game ini anda masih dituntut untuk membuat sebuah kreativitfas semahir-mahirnya, jadi jika anda masih seorang pemula, baiknya untuk melewati ini dulu, kembangkan setelah kita sudah terbisas dengan bahasa program tersebut.
2) Jika anda ingin menjadi seorang hacker dari programmer ini, menurut saya itu sudah terlalu jauh. Mengapa? Karena seorang hacker itu bertugas menganalisa dari sebuah program. Jadi apabila anda belum bisa membuat sebuah program sendiri, jangan dulu berharap jadi seorang hacker.
3) Nah jadi untuk apa dong programmer yang pemula ? Nah, seorang programmer pemula itu ditujukan untuk kesenangan diri sendiri aja dulu, sampai nanti bisa mahir. Makin tau banyak bahasa pemrogramannya. Dan anda harus yakin bahwa suatu saat nanti anda, akan mempunyai hobby dan cita-cita menjadi seorang programmer yang sangat hebat, dan program anda tersebut dapat digunakan diseluruh dunia.

Nah, sementara, program itu mempunyai dua jenis tipe. Yakni :

1) Visual Programming.

Dalam tipe ini, anda akan bisa membuat sebuah aplikasi layaknya microsoft power point gituh. Namun kelemahan dari tipe ini adalah, bahwa bahasanya sudah tersusun sebelumnya, hanya kita mengembangkannya, lalu mempulikasikannya. Dan tipe ini juga dikhusukan untuk membuat sebuah game. Jadi rekomendasi saya, janganlah dulu menggunakan tipe yang ini.

2) Code Programming

Tipe ini adalah bertujuan untuk harus bisa atau siap membaca ribuan bahasa dari pemrograman tersebut. Jangan khawatir, tidak semua harus kita pahami. Pahami yang umum-umum saja. Trus kembangkan sendiri. Seperti saya katakan diatas, buatlah menjadi sebuah hobby.
Nah saya merekomendasikan jika ingin membuat sebuah program, sebaiknya anda menggunakan program dibawah :
Turbo Pascal, Visual Basic, C++, Borland Delphi, Game Maker, Borlan J, Visual J.


~Terima Kasih

No comments:

Post a Comment

Aturan Berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai Topik
2. Jika Out Of Topik, tambahkan hastag #OOT sebelum membuat komentar
3. Dilarang mencantumkan alamat URL blog
4. Dilarang berkata kasar
5. Setelah komentar harap FOllow Blog